Sumber Gambar : Coertail.com |
Model Problem Based Learning atau yang
disingkat dengan PBL merupakan pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan
dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan,
memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog (Sani, 2014).
Menurut Ibrahim dan Nur (2000) dalam Rusman (2014) Karakteristik Problem Based Learning
yaitu : (1)
pengajuan pertanyaan atau masalah (memahami masalah), (2) berfokus pada
keterkaitan antar disiplin, (3) penyelidikan autentik, (4) menghasilkan produk
atau karya yang kemudian dipamerkan, dan (5) kerja sama.
Sumber Gambar :Teacher Magazine.com
Menurut Al-Tabany (2014) penerapan model Problem
Based Learning memiliki beberapa keunggulan, yaitu : (1) siswa lebih memahami konsep yang
diajarkan, sebab mereka sendiri yang menemukan konsep tersebut, (2) melibatkan
secara aktif memecahkan masalah dan menuntut keterampilan berpikir siswa yang
lebih tinggi, (3) pengetahuan tertanam berdasarkan skemata yang dimiliki siswa
sehingga pembelajaran lebih bermakna, (4) siswa dapat merasakan manfaat
pembelajaran sebab masalah yang diselesaikan langsung dikaitkan dengan
kehidupan nyata, hal ini dapat meningkatkan motivasi dan keterkaitan siswa
terhadap bahan yang dipelajari.
↳ Kelemahan
dari Problem Based Learning Menurut
Sanjaya (2008) dalam Al-Tabany (2014) yaitu : (1) manakala siswa tidak memiliki
minat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit
untuk dipecahkan, maka mereka akan merasakan enggan untuk mencoba, (2)
keberhasilan pembelajaran melalui Problem Based Learning ini membutuhkan cukup
waktu untuk persiapan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar